Powered By Blogger

Minggu, 17 Juli 2011

Yuk Kenali Energi Cakra kita

Yuk Kenali Energi Cakra kita

Jika Anda semua pengemar Naruto, Kakashi, or Shikamaru. pasti sering dengar istilah CAKRA. 
Apa itu CAKRA? Apakah setiap manusia memiliki energi cakra ?. Bagaimana cara membuka dan menggunakan enegi cakra dalam kehidupan sehari-hari?. silahkan baca terus artikel ini.

Pembagian dasar cakra:
  • Violet Crown (cakra mahkota)
  • Indigo Brow (cakra ajna / mata ketiga)
  • Blue Throat (cakra tenggorokan)
  • Green Heart (cakra jantung)
  • Yellow Solar Plexus (cakra pusar)
  • Orange Sacral (cakra sex)
  • Red Base (cakra dasar)
Chakra putih di dahi (third eye) disebut Sahasrara, dan chakra oranye disebut Muladhara. Dua chakra ini adalah dua diantara chakra paling primer dan paling banyak dilatih dalam meditasi untuk masalah sensitifitas dan cakra ajna atau mata ketiga.
Bagi yang pernah ikut reiki atau kundalini pasti mendapatkan pembukaan dan pengkatifan cakra ajna dan cakra-cakra lainnya dimana pembukaan cakra itu bertahap dari cakra atas (mahkota) sampai ke cakra dasar.
Setiap cakra itu mempunyai hubungan dengan organ-organ tubuh kita. Misalkan cakra mahkota itu terhubung dengan organ-organ dibagian kepala seperti otak, cakra ajna seperti mata. Cakra jantung seperti jantung dan paru-paru serta cakra-cakra lainnya. Dan setiap cakra juga terhubung dengan yang namanya kelenjar-kelenjar, seperti misalnya:
  • Cakra mahkota – kelenjar pineal
  • Cakra ajna – kelenjar pituitary
  • Cakra tenggorokan – kelenjar tiroid dan paratiroid
  • Cakra jantung – kelenjar thimus
  • Cakra pusar – kelenjar adrenalin
  • Cakra sex – kelenjar testoteron
Untuk cakra ajna, supaya dapat terlatih dengan baik, selain melakukan pembersihan dan pembukaan, juga perlu dilakukan pembersihan kelenjar pineal, dimana kelenjar pineal ini adalah kelenjar master atau kelenjar utama yang mengatur sistem tubuh, semakin bersih kelenjar pineal kita semakin sensitif juga kita terhadap energi dan semakin bagus untuk mereka yang mau membuka diri dengan dimensi lain tapi tetap tingkat sensitif setiap manusia berbeda-beda, nah intinya semakin keras berlatih, semakin dekat pada mendapatkan kelebihan.
Dari aura seseorang bisa diupgrade dari mulai daya tarik, wibawa dan juga percaya dirinya. Ketujuh pusat energi itu masing-masing cakra dasar yang letaknya di dasar tulang punggung. Fungsinya sebagai “akar” penunjang kehidupan, dan dilambangkan dengan warna merah berkilauan. 
Konon, energi dari Bumi masuk lewat cakra ini. Dia juga yang mengendalikan dan memberi energi pada susunan tulang, sistem otot, dan reproduksi darah. Jadi, jika ada gangguan menyangkut kerja otot atau tulang, cakra inilah sumber masalahnya.

Cakra kedua (cakra sex) berhubungan dengan aspek seksual. Posisinya ada di sekitar organ seksual, sering diidentifikasi dengan warna oranye. Tugasnya mengendalikan dan memberi energi pada organ-organ di rongga panggul, termasuk organ reproduksi, saluran kemih dan sekitarnya. Penyakit yang sering bersumber dari pusat energi ini: kemandulan, impotensi, infeksi saluran kemih, serta pembesaran prostat.

Cakra utama ketiga dinamai solar plexus. Letaknya di bagian kosong pertemuan antara tulang rusuk dan ulu hati, dilambangkan dengan warna kuning. Titik ini berfungsi sebagai pusat emosi, seperti berani, ulet, aktif, marah, benci, hingga sakit hati. Selain itu, ia mengendalikan energi pada hati, pankreas, lambung, usus besar, dan usus kecil. Juga berhubungan dengan sistem pencernaan, pengolahan, dan pembuangan sisa makanan.
Sedangkan cakra jantung, berpangkal di bagian tengah dada depan dan belakang, lazimnya divisualisasikan dalam warna hijau zamrud cemerlang. Dikenal juga sebagai pusat emosi halus, seperti belas kasih, kedamaian, kegembiraan, keramahan, kepekaan, sumber cinta kasih dan nurani. Juga melambangkan kepedulian terhadap orang lain dan mengendalikan energi pada jantung, kelenjar timus, serta paru-paru.
 Solar plexus cakra

Berikutnya, cakra tenggorokan, diasosiasikan dengan warna biru. Konon, inilah pusat energi yang mengekspresikan pemikiran, perasaan, dan keinginan. Kalau cakra ini kuat, pemiliknya bakal berani mengatakan ya atau tidak. Dalam kerja samanya dengan organ-organ tubuh lain, cakra tenggorokan bertanggung jawab atas pemberian energi pada tenggorok, saluran udara, serta kelenjar tiroid.
Setelah itu, sampai ke cakra keenam alias cakra master alias cakra ajna atau mata ketiga. Pusat energi satu ini punya kedudukan cukup istimewa karena melambangkan kebijaksanaan. Warnanya biru keunguan atau nila, dengan tugas utama mengendalikan dan memberi energi pada kelenjar-kelenjar, sistem endokrin, dan cakra utama lainnya. Disebut mata ketiga karena cakra ini juga mengontrol dan mengendalikan kemampuan melihat sesuatu yang bersifat nonfisik. Jika terganggu, tubuh bakal mudah kehilangan keseimbangan, malfungsi kelenjar endokrin, serta problem mata, telinga, dan hidung.
Terakhir, cakra mahkota. Posisinya paling tinggi di antara pusat energi yang ada, karena nongkrong di bagian atas kepala atau ubun-ubun. Karena itulah, dia diberi tanggung jawab mengendalikan dan memberi energi pada kelenjar pineal, sistem saraf, otak serta keseimbangan kiri-kanan. Penyakit-penyakit yang berhubungan dengan gangguan saraf berasal dari “menumpuknya kotoran” pada cakra ini.

Cara membuka energy Cakra pada manusia

 Sedikit berbagi ilmu tentang bagaimana cara membuka energy cakra pada tubuh manusia dan mendiagnosa nya apakah energy tersebut sudah terbuka dan bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Teknik ini akan membuka cakra 1, 2 atau ke 6, Namun yg pasti bukan cakra ke 7.
Teknik ini adalah teknik sangat mudah dan bila dijalankan dg sungguh2 (rutin) dijamin cakranya bisa terbuka

Teknik:

1) Ambil Posisi RILEKS, (wajib). Usahakan ditempat yang tenang dan sedikit gangguan ataupun distorsi dari kebisingan dan dunia luar, agar anda dapat berkonsentrasi dengan benar.

2) Posisi tubuh terserah anda ,yang penting anda merasakan rileks dan dapat berkonsentrasi. Usahakan jangan sampai tertidur ataupun dalam posisi tidur karena anda akan lealp dan lup akan kegiatan yang sedang anda lakukan saat ini.

3) Tarik Nafas Panjang melalui Mulut.... Perut Dikembungkan (Harus)

4) Keluarkan Nafas melaui Hidung Perut dikempeskan (Harus)

5) Ulangi no.3 & 4, sebanyak  7 kali( Harus)

6) Setelah itu ikuti gerakan keluar masuknya nafas  anda  melalui hidung dan posisi mulut rapat, dengan rileks.

7) Rasakan gerakan Nafas tersebut mengalir ke seluruh tubuh anda.

8) Lambat laun energi tersebut  akan  secara perlahan berhenti sejenak di beberapa titik tertentu di tubuh kita.
Ikuti saja jangan ditahan, kemudian akan bergerak ke titik selanjutnya.
 
sampai kemudian akan berhentik di satu titik (selesai).rasakan energi tersebut, sekali lagi hanya merasakan saja. Dan jangan berusaha untuk mengendalikannya. ( Harus).

9) Setelah anda merasa nyaman , baru sudahi kegiatan tersebut.
Cara mengetahui apakah energy cakra sudah berhasil dibuka.

 Cara pengujian apakan energy cakra dalam tubuh kita teresebut sudah terbuka setelah melalui kegiatan tersebut diatas, berikut adalah contoh penggunaannya :

MIsalnya  anda memiliki keinginan yang kuat tentang suatu hal dalam kehidupan, maka berkonsentrasilah, seolah anda akan mendapatkannya.Konsentrasi penuh pada keingian tersebut sangat disarankan.

Setelah kita tentukan dengan bulat tujuan kita, ambil posisi dan gunakan teknik diatas.
Maka anda akan merasakan :
1) yang pertama kali muncul dalam benak anda adalah kekhawatiran atau ketakutan akan ketidak berhasilan tujuan anda.

2) ikuti terus,jangan dilawan rasa tersebut Kemudian anda akan merasakan bahwa kekhawatiran tersebut secara perlahan akan sirna dan pudar dengan sendirinya.

3) setelah hilang kekawatiran tersebt maka akan muncul suatu  keyakinan bahwa tujuan anda akan berhasil. ikuti energi  dan perasaan yakin tersebut.
4) Setelah Energi perasaan yakin tersebut  berhenti disatu titik,maka terus rasakan sampai membentuk
energi yg sangat besar.dan kemudian katakana dalam hati ‘ Aku mengendalikan energi  ini’ (Harus) .
Akhiri kegiatan tersebut dan lihat hasil usaha yang anda inginkan dalam beberapa hari kedepan. Biasanya akan berjalan dengan sendirinya untuk mencapai sukses, asalkan sudah didahului dengan pembuka jalan. ( Misal nego awal, presentasi awal, proposal awal,dll)



Energi cakra dan tenaga dalam serta kegunaanya bagi manusia.
Setelah energi cakra terbuka dalam tubuh anda, maka banyak hal positif yang dapat anda rasakan. Salah satunya adalah anda dapat mengaktifkan tenaga dalam.
Pada dasarnya setiap orang memiliki apa yang disebut dengan tenaga dalam, hanya saja mereka tidak mengetahui bagaiman cara membangkitkan atau mengembangkannya. Tenaga dalam itu sudah ada sejak manusia dilahirkan. Tetapi tenaga itu masih pasif dan sewaktu-waktu akan bangkit bila orang tersebut dalam keadaan panik, tidur berjalan, terhipnotis atau ketakutan yang luar biasa.
Manusia memiliki unsur kimia tubuh (Body Chemistry) yang bernama ATP (Adenosin Tri Phosphate). ATP ini dapat berubah menjadi energi melalui proses metabolisme tubuh. Secara sederhana dapat ditulis sbb :
O2 + ATP + Glikogen Energi
ATP berfungsi sebagai energi cadangan. Misalnya, setelah kita berolahraga dan kecapaian kemudian bila diistirahatkan sejenak maka tubuh kita akan pulih kembali. Bentuk Energi yang dihasilkan oleh ATP dalam keadaan sehari-hari berupa panas tubuh, membantu lancarnya penyaluran adrenalin, menghidupkan kimia tubuh untuk membentuk kekebalan tubuh (zat antibodi), menghidupkan aktifitas pencernaan dan menghidupkan semua aktifitas organ dalam tubuh manusia.
Berdasarkan penelitian, manusia dalam kehidupan sehari-hari hanya menggunakan sekitar 2,5% dari seluruh fasilitas energi tubuhnya. Sedangkan yang 97,5% lainnya tersembunyi sebagai cadangan di ulu hati.Permasalahannya adalah bagaiman cara mengoptimalkan dan membangkitkan energi yang tersimpan itu agar dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
 Manusia jika mampu meningkatkan kekuatannya sebesar 0,1-0,3% (sehingga menjadi 2,6-2,8%) dapat membunuh seekor kuda dalam sekali pukul atau dapat mematahkan lima batang kikir baja yang ditumpuk, memecahkan batu kali pun bukan halangan bagi yang memiliki tenaga dalam.

 titik solar plexus, sumber tenaga cadangan (tenaga dalam)

Tenaga dalam atau energi cadangan adalah suatu energi yang berpusat pada syaraf-syaraf di sekitar ulu hati dan setelah dibangkitkan akan berkumpul pada salah satu bagian tubuh yang disebut dengan solar plexus atau kundalini. Menurut berbagai sumber,kundalini merupakan bagian dari tubuh manusia yang berbentuk 31/2 lingkaran, terdapat diantara tulang ekor dan kemaluan di bawah pusar. Bentuknya seperti ular yang sedang bergulung atau melingkar. Jadi dalam hal ini perlu dijelaskan bahwa sumber tenaga dalam adalah ulu hati, bukan solar plexus seperti anggapan orang selama ini dan solar plexus adalah tempat berkumpulnya energi cadangan tersebut setelah dibangkitkan.
Solar Plexus/Chakra

Hanya satu cara untuk membangkitkan tenaga dalam ( setelah terbukanya energy cakra dalam tubuh anda) melalui cara mengubah pernafasan biasa menjadi pernafasan spesial, yaitu dengan mengoptimalkan oksigen yang masuk jangan sampai terbuang percuma sedangkan untuk bagian lain harus seimbang.
Untuk membangkitkan energi cadangan secara cepat, oksigen harus diputarkan secara cepat pula ke seluruh tubuh dan membuang gas beracun CO2 secara cepat. Karena itu, saat membuang nafas badan harus dikejangkan melalui otot perut. Dengan pengejangan tubuh, oksigen akan berputar membentuk pusaran energi yang menyerap seluruh energi di tubuh yang tersebar dan tersembunyi. Sedangkan pembuangan gas beracun dilakukan dengan cara membuang nafas melalui mulut. Bila kedua hal tersebut dilakukan maka oksigen yang berputar di dalam tubuh kita adalah oksigen bersih tanpa CO2. Ini salah satu rahasia juga, mengapa orang-orang yang mempelajari tenaga dalam secara benar selalu sehat dan jarang sakit.
Fungsi dari tenaga dalam;
1.      Tenaga fisik menjadi jauh lebih kuat
2. Untuk mempertajam panca indera.
3. Untuk membangkitkan indera keenam.
4. Untuk menghancurkan benda-benda keras.
5. Untuk meringankan tubuh.
6. Untuk memperkuat memori otak.
7. Untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh terhadap serangan fisik dan serangan penyakit.
8. Untuk memperkuat benda lemas.
9. Untuk Telekinetik/menggerakkan benda dari jarak jauh


Demikian sedikit sharing tentang cakra dan tenaga dalam, semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa digunakan dalam kebaikan.

Keep smilling….
.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar